Sultan-Qaboos-Grand-Mosque-in-Muscat-Oman

Rabu, 05 Januari 2011

Dengan Herbal Batu Ginjal Juga Insyaallah Bisa Sembuh


KAMIS, 13 AGUSTUS 2009
Dengan Herbal Batu Ginjal Juga Bisa Sembuh

Batu ginjal disebut (Nephrolithiasis atau renal calculi) adalah terdapatnya satu atau lebih batu di dalam pelvis atau calyces dari ginjal atau di dalam saluran ureter. Batu ginjal biasanya terbentuk pada dua bagian terbanyak pada ginjal, yaitu di pasu ginjal (renal pelvis) dan calix renalis. Batu ginjal dapat terbentuk dari kalsium, fosfat, atau kombinasi asam urat yang biasanya larut di dalam urine.
Sejauh ini penyebab batu ginjal masih belum diketahui secara pasti, namun beberapa kemungkinan adalah meningkatnya kepekatan zat-zat yang ada di dalam urin sehingga membentuk kristal batu. Penyebab lain adalah infeksi, adanya obstruksi, kelebihan sekresi hormon paratiroid, asidosis pada tubulus ginjal, peningkatan kadar asam urat yang muncul bersamaan dengan radang persendian, kerusakan metabolisme di dalam tubuh, terlalu banyak mempergunakan vitamin D atau terlalu banyak memakan kalsium.
Batu ginjal biasanya lebih banyak dijumpai pada pria berumur 30-50 tahun dan cenderung diderita penduduk dari ras Afrika dan Asia termasuk Indonesia. Orang yang mempunyai riwayat menderita batu ginjal dalamkeluarganya mempunyai peluang mengidap batu ginjal lebih besar. Selain itu pekerja yang terus melakukan gerakan seperti buruh dan petani lebih besar berisiko mengidap batu ginjal/kandung kemih dibandingkan pekerja yang lebih banyak duduk.
Dari sisi konsumsi, makanan yang kurang zat putih telur biasanya menyebabkan batu saluran kemih, juga makanan dengan kadar oksalat, natrium, dan kalsium yang tinggi dan protein hewan dengan purin tinggi memicu terbentuknya batu ginjal/kandung kemih.

Gejala
Beberapa gejala umum yang sering dirasakan oleh penderita batu ginjal/kandung kemih antara lain :
- Buang air kecil tidak lancar dan terasa sakit
- Terasa sakit di perut bagian kanan kiri pinggang
- Kadang bersamaan air kecil ditemukan darah
- Kadang mual, muntah, perut kembung.
- Kadang mengalami panas atau kedinginan

Pengobatan
Untuk melakukan pengobatan pada penderita batu ginjal/kandung kemih, beberapa prinsip pengobatan harus diperhatikan :
- Gunakan obat yang berfungsi untuk menghancurkan/melarutkan batu
- Gunakan obat yang berfungsi untuk melancarkan buang air kecil agar batu cepat keluar
- Gunakan obat yang berfungsi mengurangi peradangan
- Gunakan obat yang berfungsi mengurangi kejang

Beberapa obat herbal yang dianjurkan untuk meringankan atau mengobati batu ginjal/kandung kemih adalah NIGELLA Plus, TEMPUYUNG, KUMIS KUCING. Dengan mengkonsumsi ramuan herbal tersebut, beberapa prinsip pengobatan di atas dapat terpenuhi. Penggunaan obat herbal ini dianjurkan karena bekerja lebih efektif menghancurkan atau melarutkan batu ginjal, melancarkan buang air kecil dan tidak menimbulkan efek samping apapun.

Pencegahan
Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk pencegahan antara lain :
- Hindari dehidrasi dengan banyak minum air putih
- Lakukan diet ( diet rendah protein, diet rendah purin, diet rendah garam, diet rendah oksalat)

Oleh : Harmonis Santara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar